fbpx
Whatsapp

+6288224735515

E-Mail

admin@carisalesmobil.web.id

Jam Buka

Optional

 71 Total Lihat

Renault, produsen mobil asal Perancis, secara resmi kembali meluncurkan produk terbarunya dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) pada bulan Agustus 2019 di India, Renault Triber. Sebagian besar mobil dari Renault dirakit di India, Triber. Setelah dua bulan rilis, India mengklaim bahwa Renault Triber sudah dipesan lebih dari sepuluh ribu runit. Hal tersebut menandakan bahwa mobil ini mendapatkan tanggapan yang positif oleh konsumen di negara perakitannya. Untuk pasar India, Renault Triber tersedia dalam empat varian, yaitu RXE, RXL, RXT, dan RXZ. Pada saat peluncuran, untuk pasar India, Triber dijual dengan harga sekitar Rp 98,3 Juta hingga Rp 129 Juta.

Bagaimana dengan Indonesia? Renault Triber sudah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia sejak Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) bulan Juli 2019 yang diadakan di BSD, Tangerang Selatan. Antusias publik terhadap mobil tersebut cukup besar, dicatatkan pemesanan Triber saat GIIAS lebih dari 1.500 unit. Renault Triber mulai masuk ke Indonesia sekitar pertengahan Maret dan mulai didistribusikan ke seluruh dealer di Indonesia pada bulan April 2020. Mobil merek Eropa ini bisa bersaing pada segmen harganya dengan para kompetitor karena memiliki fitur terbaik di kelasnya, seperti Easy Fix di baris ketiga, adanya 4 airbag dan 2 cooler, head unit 8 inci dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto, serta masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia sendiri, Renault Triber dipasarkan dengan harga kisaran Rp 133 Juta sampai dengan Rp 169,9 Juta.

Kelebihan dan kekurangan

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan test drive bahkan membeli, seperti kendaraan yang lain Renault Triber juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut Priceprice.com merangkum kelebihan dan kekurangan Renault Triber untuk Anda:

Kelebihan:

  • Desain eksterior dan interior yang sangat baik
  • Dimensi yang besar, mampu memuat lebih banyak orang dan barang
  • Konsep kabin praktis yang menyenangkan dan sangat bermanfaat
  • Apapun rintangan dan jenis jalan yang dilewati, perjalanan tetap terasa nyaman
  • Fitur keselamatan yang cukup lengkap, bahkan pada varian RXZ terdapat 4 airbag
  • Fitur pada interior yang modern, canggih, dan praktis
  • Harganya yang sangat bersaing

Kekurangan:


  • Pada keadaan tertentu, mesin sedikit terasa kurang bertenaga
  • Mesin agak bising, isolasi kabin tidak dilakukan dengan begitu baik
  • Tidak adanya varian untuk diesel, hanya bensin
  • Tidak dilengkapi dengan fitur premium, seperti kontrol iklim otomatis, kontrol pada kemudi, dsb

Di negara tempat perakitannya, Renault Triber tergolong sebagai produk yang unik karena dilengkapi dengan opsi tempat duduk yang fleksibel. Secara budget pun, Renault Triber dapat dikatakan sangat bernilai, mengingat segmentasi pasar yang dipilih dan fitur yang ditawarkan kepada konsumen. Menarik bukan mobil merek Perancis ini?

Fitur

Fitur untuk varian LMPV paling basic dari Renault Triber RXE, memang tidak ada banyak hal yang bisa diharapkan, mengingat mobil ini masuk dalam segmen 7-seater harga murah. Secara mendasar, Anda hanya akan memanfaatkan mobil ini sebagai perangkat mobilitas. Dilengkapi dengan mesin Naturally Aspirated 1.000 cc, tidak dimodifikasi dengan hal lain. Tiga buah mesin silinder pada Renault Triber sanggup menghasilkan tenaga sebesar 72 PS dan torsi maksimal 96 HP. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual dan Automated Manual Transmission (AMT) lima percepatan. Sangat aman untuk difungsikan menjadi mobil yang khusus dikendarai dalam kota.

Sebagai penunjang kebutuhan mobilitas Anda, fitur keselamatan tidak lepas dari perhatian Renault untuk seri Triber. Hal dasar yang sangat penting , tentu saja keselamatan tetap menjadi nomor satu. Tersedia dua airbag di bagian depan pada sisi pengemudi dan penumpang, sebagai upaya preventif menghadapi kecelakaan. Bahkan untuk varian tertinggi, Renault Triber menyediakan empat airbag. Selain itu, efektivitas sistem rem Triber didukung ABS dan EBD. Terdapat fitur Pedistrian Protection dalam meminimalisir kecelakaan pada pejalan kaki. Sensor parkir dan peringatan untuk kecepatan juga sudah disediakan oleh Renault untuk mobil ini.

Hebatnya, Renault Triber hadir dengan fitur keyless, tanpa adanya kunci secara fisik berbentuk layaknya kunci pada umumnya. Tanpa kunci Triber, pemilik bisa langsung memasuki kabin mobil. Bagaimana caranya? Anda akan mendapatkan kunci berbentuk unik, seperti kartu. Untuk menyalakan dan mematikan mesin? Cukup menekan tombol Start/Stop, sebuah fitur yang tentu saja tidak akan Anda temukan dalam segmen mobil murah setingkat Triber. Walaupun, fitur ini hanya tersedia untuk varian tertinggi Renault Triber.

Sejak April 2020, Renault Indonesia menyediakan program uji berkendara Triber di rumah, khusus untuk Anda dan para konsumen yang merasa penasaran dengan produk terbaru Renault, sekaligus menjajal fitur canggih yang dimilikinya. Anda tinggal mendaftar melalui website resmi Reanult Indonesia, kemudian akan dihubungi oleh tim sales untuk mengatur jadwal temu. Test drive Triber dapat dilakukan di rumah, tanpa Anda perlu mendatangi showroom Renault terdekat. Renault juga menyipkan standarisasi program test drive di rumah saja, dengan mengirimkan seorang sales yang sigap dan sehat, menjaga kebersihan mobil, serta menyiapkan keperluan kesehatan (masker dan handsanitizer) untuk calon konsumen. Hal tersebut dimaksudkan agar uji berkendara tetap aman dan nyaman, walaupun dilakukan di tengah pandemi seperti ini. Apakah Anda berminat mendaftar test drive Triber?

Eksterior

Untuk tampilan eksterior, dari segi fisik, sekilas terlihat bahwa Renault memaksimalkan konsep desainnya dengan mengambil gaya kekinian. Dalam rangka memanfaatkan kepopuleran MPV, sekaligus SUV, secara sekilas Renault Triber terlihat seperti SUV entry-level. Mulai dari roof rail dan antena tiang konvensional di bagian atas mobil, kemudian ornamen moulding berwarna hitam di bagian bawah bodi Triber, serta hiasan pelengkap semacam skid plate di bawah bumper. Memang, ground clearance tidak setinggi SUV, hanya sekitar 182 mm. Akan tetapi, itu semua sudah cukup dan sangat mampu untuk melewati segala jenis kondisi jalanan di Indonesia dan dinilai sudah cukup ideal untuk sekelas mobil keluarga. Desain eksterior tersebut cocok, bahkan sangat menarik untuk konsumen negara ini, terutama berkat tagline menarik LMPV murah 7-seater yang bergaya crossover. Triber tampil apa adanya, cukup polos, dan tidak banyak basa-basi, namun tetap berasa kemewahannya.

Baca Juga  Daftar Harga Honda Terbaru Oktober 2020

Nuansa luxury car sangat terasa pada setiap sisi dari Renault Triber. Garis tajam yang memanjang dari depan hingga belakang di bagian samping terlihat pas. Desain yang smmoth dan simpel, tidak banyak lekukan bodi pada sisi pintu sampng. Anda akan mendapatkan mobil dengan harga murah yang memiliki fitur lengkap dan desain sporty. Hal tersebut berkat lampu dari sisi depan yang agresif berbentuk meruncing dan menyambung dengan grill berdesain triple edge yang berlapir krom, berbentuk hampir menyerupai huruf V. Tidak hanya itu, untuk sektor belakangan, tidak banyak yang ditampilkan oleh Renault Triber. Bila diamati, tampak stoplamp yang dibuat cukup elegan, mengikuti desain pada headlamp di bagian depan mobil, yang memberikan cahaya lampu lumayan cerah. Selain itu, ada wiper tunggal berlogo Renault dan dilapisi dengan krom juga turut disematkan dan membuat tampilan mobil ini semakin sempurna.

Dimensi Renault Triber sendiri memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm, tinggi 1.643 mm, dan wheelbase 2.636 mm, dengan bobot 947 kg. Dimensi ini sudah dilengkapi dengan kaki-kaki yang sangat kokoh untuk menjaga keseimbangan mobil. Kaki-kaki tersebut dibekali dengan suspensi McPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam untuk belakang. Tentu saja, kenyamanan sangat terjamin dalam mengendarai mobil ini, mengingat kedua suspensi tersebut mampu menahan setiap goncangan untuk tetap seimbang, ketika melalui jalan bergelombang atau bergeronjal. Di samping itu, mobil ini juga menggunakan ban berukuran 185/65 velg 15 inci untuk bagian depan dan ban berukuran 165/80 velg 14 inci untuk bagian belakang.

Interior

Memang tergantung selera masing-masing orang, namun keseluruhan desain Triber sangat mewah dan tampak menarik, lebih menarik dari LCGC 7-seater lain. Pada bagian dashboard, menggunakan perpaduan dua warna, yang juga diterapkan untuk jok dan pintu. Yang unik, jok tengah baris kedua dipilihkan warna cerah greige, kombinasi antara gray dan beige. Sedangkan, jok lain berwarna hitam polos yang diberi tepian greige. Selain warna, kenyamanan dan fleksibilitas untuk menampung 7 orang sekaligus dalam Triber tidak bisa diragukan lagi. Dengan panjang kendaraan kurang dari empat meter, jarak sumbu roda sangat memadai. Panjangnya sekitar 2.636 mm, setara dengan Toyota Avanza (2.655 mm), bahkan mengalahkan Sigra yang hanya 2.525 mm. Tentu, kelapangan kabin Renault Triber terjamin, khususnya ruang untuk kaki. Penumpang pun bisa duduk dengan nyaman.

Triber memberikan space jarak baris depan 710 mm, ruang kaki untuk baris kedua sampai dengan 200 mm, dan ruang kaki paling baik untuk baris ketiga sebesar 91 mm. Jangan khawatir, kursi penumpang pada baris kedua bisa Anda sandarkan, lipat, dimiringkan, maupun sliding. Untuk baris ketiga, adanya fitur Easy Fix yang memungkinkan Anda melepaskan kursi independen di baris ketiga secara mudah, agar kapasitas bagasi bertambah (dari 84 liter menjadi 625 liter). Renault Triber diperkirakan menawarkan lebih dari 100 konfigurasi tempat duduk yang berbeda-beda.

Lebih gilanya lagi, di setiap barisnya Renault Triber menyediakan socket charging (colokan power) dan cooler. Tidak seperti Calya dan Sigra yang hanya menggunakan AC central di bagian depan, lalu diteruskan ke belakang, Triber memasangkan cooler di setiap barisnya. Penumpang tidak perlu khawatir untuk merasakan kepanasan. Posisi blowernya pun bisa dibilang unik. Pada baris kedua, cooler diletakkan di dekat engsel pintu, sedangkan baris ketiganya di plafon. Rasa nyaman akan dirasakan oleh semua orang, di manapun penumpang duduk. Bahkan tidak hanya penumpang di kabin yang merasa sejuk, ruang penyimpanan pada Renault Triber juga dibuat dingin yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga suhu minuman agar tetap dingin.

Bagian interior depan, head unit Renault Triber disematkan fitur hiburan berupa layar sentuh multimedia spesial berukuran 8 inci, tepat di bawah lubang AC tengah. Layar tersebut bisa mengakses berbagai macam file dan konektivitas. Layar multimedia itu juga bisa dihubungkan dengan smartphone melalui sistem Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur yang benar-benar jarang ditemukan di segmen ini.

Warna

Sayangnya, Renault Triber hanya memiliki 4 varian warna, yaitu putih, merah, biru, dan orange. Berbeda dengan renault KWID yang mempunyai 5 pilihan warna dengan penamaan dan pemilihan warna yang unik, terdiri atas moonlight light silber, planet grey, fiery red, ice cool white, dan olive green. Memang secara pemilihan nama dan penamaan terkesan monoton, hanya menampilkan warna dasar pada sebuah mobil. Akan tetapi, mengingat Renault Triber merupakan mobil terbaik di kelasnya, dengan 4 varian warna tersebut dapat mengimbangi dan sebagai pelengkap dari desain yang digunakan. Mobil ini tetap terlihat mewah dan elegan.

Transmisi Otomatis, Manual
Bahan bakar Bensin
Mesin 999 cc
Tempat Duduk 7

Harga Renault TRIBER

Tipe Mobil Harga
Triber RXL MT Rp166.9 Juta
Triber RXT MT Rp172.9 Juta
Triber RXT AT Rp179.9 Juta
Triber RXZ MT Rp179.9 Juta
Triber RXZ AT Rp184.9 Juta
  • harga tersebut dapat berubah, harga ini hanya sebagai referensi silahkan tanyakan langsung kepada sales yang bersangkutan.
Bagikan ini:

error: Dilarang salin tulisan!
Mulai Percakapan
Silahkan klik salah satu admin kami dibawah ini untuk memulai chat.
Tim kami akan segera membalas pesan Anda.
Admin 1
Admin Support 1